Cara Mengubah dan Mengganti Jenis Font di Blogger A Z K A V E I R O: Cara Mengubah dan Mengganti Jenis Font di Blogger
7

Cara Mengubah dan Mengganti Jenis Font di Blogger

Share on :

Custom Fonts adalah, singkatnya, font-font khusus yg ditambahkan secara individual & bukan merupakan font-font default yg telah dikenal browser (database-nya tidak dimiliki browser). Custom fonts saat ini telah berjumlah ratusan, memiliki variasi yg bermacam-macam, unik, memiliki tema yg lebih khas daripada font biasa, serta dapat meningkatkan kualitas tampilan blog/web.

Tulisan di atas memberikan kesan yg berbeda; lebih stylish dibanding font default di sekelilingnya. Pada posting Cara Mengubah/Mengganti jenis font di Blogger, Azkaveiro Blogspot telah share cara mengganti font dengan menggunakan standar. Sebagai langkah advance, Buka Rahasia Blogspot akan share cara menggunakan & mengganti font Blog dengan Custom Fonts bagi sobat blogger yg tertarik untuk membuat font di blog tampak lebih stylish. Di platform Blogger, ada dua cara yg dapat digunakan untuk menggunakan/menampilkan Custom Fonts:
1. Menggunakan fitur Blogger Web Fonts melalui Template Designer.
2. Memasukkan snippets (kode) secara langsung melalui Edit HTML (manual template editing).

Cara Menggunakan Blogger Custom/Web Fonts Melalui Template Designer

Pada akhir Desember 2010, Blogger memperkenalkan fitur Web Fonts yg dapat diakses melalui Template Designer. Saat ini setidaknya telah ada 77 Web Fonts (dan terus bertambah) yg dapat digunakan untuk kostumisasi font blog Blogger guna memperindah desain blog.
Cara mengakses fitur Web Fonts:
1. Masuk Dashboard Blogger > Template > Customize > Advanced
2. Pada halaman Template Designer, setelah memilih "Advance", sobat dapat memilih bagian mana yg hendak dikostumisasi, misalnya page, header, sidebar header, post title, dan seterusnya. Kemudian pilih Web Fonts yg hendak digunakan.
3. Setelah semua kostumisasi font selesai, klik "Apply to This Blog".
Dengan cara ini, sobat dapat memilih Web Fonts yg telah disediakan oleh Blogger serta mempreviewnya sekaligus (WYSIWYG).
Note: Pengaturan Custom web fonts melalui "template designer" belum tentu dapat diaplikasikan pada custom blogger templates (bukan template bawaan Blogger). Jadi harus menggunakan cara kedua di bawah.

Cara Memasang Custom Fonts Dengan Mengedit Template Blog

Konsep sebenarnya dari memasang custom fonts adalah memasukkan font snippets pada template & merujukkannya pada font family dalam atribut pengaturan CSS elemen blog. Dibanding Blogger Web Fonts pada Template Designer yg jumlahnya masih terbatas, variasi Web Fonts gratis yg tersedia jauh lebih banyak. Kali ini, kita akan menggunakan Web Fonts milik Google (Google Font API), yg sampai saat ini telah memiliki koleksi 397 Font Family (dan terus bertambah), karena memiliki akses yg cepat & stabil.
Tahap 1: Instalasi Font Ke Blog
1. Masuk ke Google Web Fonts
2. Klik "start choosing fonts", cari font yg diinginkan, kemudian klik "quick use".
4. Pada halaman berikutnya, lakukan kostumisasi (jika font memiliki varian), lalu scroll ke bawah hingga kolom kode. Copy code tersebut.
Contoh kode dengan tag link untuk jenis template XML seperti Blogger:
/>

Contoh kode dengan tag link untuk jenis plain HTML pada template web biasa:
</link>

5. Buka Edit Template/Edit HTML.
6. Letakkan kode tersebut dalam tag , tepatnya di antara & , atau agar lebih cepat diload, letakkan di bawah/dekat dengan . Boleh juga di atas .
Tahap 2: Aplikasi Custom Font Ke Elemen Blog Melalui CSS
1.Guna mengubah tampilan font pada elemen tertentu (judul posting, nama blog, isi posting, judul sidebar, dsb), yg perlu dicari adalah class atau id CSS yg mengaturnya. Sebagai contoh jika ingin mengganti font link judul posting, maka cari class/id yg mengatur judul posting, misalnya .post h3 a. 
2. Cari atribut yg mengatur font. Atribut pengatur font pada CSS biasanya ada dua yg digunakan pada template, font-family atau font saja. Jika sudah ada, cukup tambahkan nama font, setelah font-family atau font. Contoh pengaturan custom font pada font isi posting:
.post-body {font-family:'Custom Font', Times New Roman, Trebuchet, Serif; margin:......dst}
Ada dua poin penting yg mesti diperhatikan:
a. Font default diletakkan di awal serta harus dibubuhkan tanda kutip (boleh single ['] atau pun double ["]).
b. Gunakan font-font pengganti di belakang font default untuk berjaga-jaga apabila Browser gagal merender/memuat font tersebut.
3. Setelah selesai melakukan editing pada CSS, preview terlebih dahulu. Apabila sudah beres sesuai yg diinginkan, Save Template.
Important!:
 Jangan gunakan/pasang snippet font yg tidak dibutuhkan & jangan menggunakan custom fonts yg terlalu banyak jenisnya. Penggunaan snippet custom font (link tag) menyebabkan terjadinya proses rendering oleh browser sehingga mempengaruhi loading halaman blog (blog lebih berat, loading lebih lama).

Yup, demikian share saya mengenai cara memasang custom fonts di Blogger & sedikit review mengenai penggunaan web fonts pada blog. Have a Nice Blogging * Happy Designing!

PPC Iklan Blogger Indonesia

Ditulis Oleh : Unknown ~ Tips dan Trik Blogspot

Azka Latif Noor Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Mengubah dan Mengganti Jenis Font di Blogger. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

7 komentar:

ViperGoy mengatakan...
Reply

Makasih infonya gan^^

Bu' Nas mengatakan...
Reply

masih bingung,,,,T_T

Agen Pulsa mengatakan...
Reply

Solusi cari kerja. Thank info kreatifitasnya

azkaira mengatakan...
Reply

makasih infonya sob, tapi masih sedikit bingung, maklum masih belajar nge-blog.

Unknown mengatakan...
Reply

Samasama sob. Semoga Bermanfaat :)

Kawan Blog - Ridwan Firdaus mengatakan...
Reply

bro, bagustemplate nya . boleh minta gakkkk ???

Hamba Allah mengatakan...
Reply

thanks gan jadi tau nih cara mengubah font di blog (y)

Posting Komentar

BLOG INI DOFOLLOW .
Silahkan tinggalkan komentar dan kritik sobat, tapi mohon jangan SPAM ya..!
Komentar SPAM akan di HAPUS oleh admin.
Komentar yang membangun sangat dibutuhkan oleh blog ini.
Terima Kasih.

Back to Top